Penilaian hasil belajar melalui UN dan USBN 2018

Penilaian hasil belajar melalui UN dan USBN 2018

Tahun ini ujian nasional (UN) yang diselenggarakan oleh pemerintah diikuti 8,1 juta peserta. Sebanyak 78% menggunakan moda UNBK; meningkat 166% dari tahun sebelumnya. Pemerintah mendorong UN kian kredibel, akuntabel, reliabel, dan efisien.

Melalui Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, pemerintah terus memberdayakan guru dalam melakukan evaluasi belajar. Sebanyak 75-80% soal dibuat oleh para guru bersama asosiasi profesi (KKG/MGMP/Forum Tutor). Pelaksanaan #UN2018 dan #USBN2018 menjadi salah satu momen penguatan karakter positif para pelaku pendidikan. Nilai-nilai religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas terus dilatih dan dibiasakan.

Sore ini Kemendikbud bersama Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo mengeluarkan narasi tunggal Penilaian Hasil Belajar Melalui UN dan USBN 2018. Mohon bantuan untuk mengunggah dan menyebarluaskan melalui laman dan media sosial masing-masing.

Terlampir materi narasi tunggal berupa
- 1 (satu) rilis, dan
- 6 (enam) infografik
- 1 (satu) video
- 1 (satu) panduan penulisan caption
Terdapat pula 4 (empat) grafik kutipan pesan Menteri, dan video vox pop peserta UN yang dapat dijadikan pilihan tambahan publikasi. Semua materi tersebut dapat diunduh di sini >> bit.ly/NTUN2018 atau https://k-cloud.kominfo.go.id/s/ECFARrojGt6c52H

Mohon agar dapat disebarluaskan melalui jejaring masing-masing. Terima kasih.

Salam,
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud