KANTIN JEJUJURAN SMAN 14 JAKARTA

KANTIN JEJUJURAN SMAN 14 JAKARTA

Kantin Kejujuran SMA N 14 Jakarta,

Setelah sempat tidak aktif pada periode OSIS sebelumnya, Program Kerja Kantin Kejujuran kembali kami jalankan pada masa kepengurusan kami, yaitu 2017/2018, dengan modal awal yang diberikan oleh Kepala Sekolah SMAN 14 Jakarta, Ibu Dumaria Simanjuntak, M.Hum, yang sifatnya merupakan  pinjaman dana sementara.

TUJUAN

  • Tumbuhnya kesadaran hukum dan terbangunnya moral pada siswa/I SMAN 14 khususnya nilai-nilai kejujuran.
  • Terbentuknya komitmen siswa/i yang kuat untuk bersama-sama membesarkan Kantin Kejujuran SMAN 14 Jakarta
  • Memberi kesempatan pada siswa/I SMAN 14 untuk berlatih berwirausaha.

 

SASARAN

Seluruh siswa/i SMAN 14 Jakarta

 

MEKANISME PELAKSANAAN

  • Penjualan barang-barang keperluan siswa dan/atau warga SMAN 14 Jakarta, seperti alat tulis, yang diletakkan di sebuah etalase kaca.
  • Pelaksanaan jual-beli dilakukan secara tunggal oleh pembeli tanpa pengawasan dengan tujuan sebagai sarana kejujuran siswa dan/atau warga SMAN 14 Jakarta.

Sekbend KBPL akan membuat rekap data barang dan uang setiap bulan, dengan kontrol yang akan dilakukan secara bergantian oleh badan pengurus harian KBPL perminggunya.

 

HASIL PROGRAM KERJA

Proker Kantin Kujujuran ini berhasil mencapai tujuannya dengan tolak ukur  perputaran uang belanja dan pendapatan di dalamnya yang terus berjalan dan adanya antusiasme siswa/I SMAN 14 Jakarta dalam berbelanja di kantin kejujuran

 

EVALUASI PROGRAM KERJA

  • Kurangnya kecakapan pengurus dalam hal merekap yang menyebabkan laporan keluar masuk dana dan atau barang pada akhir proker hanya dalam bentuk perkiraan bukan rincian detail.
  • Masih ada siswa/i SMAN 14 Jakarta yang belum jujur dalam membayar sesuai nominal yang seharusnya dibayarkan, tetapi hal tersebut tidak menyebabkan kerugian mendalam sebab tertutupi oleh keuntungan secara keseluruhan.
  • Tidak adanya stok barang simpanan ketika barang di etalase habis terjual sehingga kantin kejujuran terlihat sepi hingga belanja barang selanjutnya.